Belanja Buah dan Sayur Lokal Kualitas Ekspor di Pasar Cermat Lembang

Pastinya nggak banyak orang tahu soal nama pasar ini. Pasar Cermat. Namanya baru, tapi sebenarnya pasar ini sudah lama sekali. Dulu bernama pasar lama, lalu berganti menjadi pasar buah, dan kini menjadi Pasar Cermat. Pasar ini merupakan pasar buah yang direnovasi oleh Pemda. Tampilannya menjadi lebih keren, lebih bersih, juga lebih tertata. Meskipun demikian, anda tak perlu khawatir, harganya tetap terjangkau kok. Penjualnya juga masih ramah seperti dulu.

Tempatnya yang strategis membuat pasar ini mudah ditemukan. Jika anda dari arah kota Bandung, baik itu lewat jalan protokol, Punclut, maupun Dago Giri, anda akan menemukan pasar ini di sebelah kiri jalan, setelah Grand Hotel Lembang. Atau di seberang Warung Ayam Goreng Brebes. Gambarannya lihat foto ini saja ya. Jika anda ketemu patung Singa di sebelah kanan jalan, slow down. Lihat ke sebelah kiri jalan, disitulah pintu masuk pasar cermat.

Ruas Jalan di Seberang Pasar Cermat Lembang
Ruas Jalan di dekat Pasar Cermat Lembang ©arumsilviani

Ada apa saja sih di Pasar Cermat?

Yang pasti ada hasil kebun masyarakat sekitar yang berkualitas ekspor yes. Harganya jauuuh lebih miring dari yang dijual di supermarket. Anda juga bisa memilih mau yang organik atau yang konvensional. Silakan sesuaikan dengan selera.

Aneka buah dan hasil kebun lokal di Pasar Cermat
Aneka buah dan hasil kebun lokal di Pasar Cermat ©arumsilviani

Khasnya di Pasar ini adalah selalu ada ubi, alpukat mentega kualitas super, pumpkin, jeruk galiprut, dan jeruk pacitan. Sisanya, adalah buah musiman yang ada di waktu tertentu saja. Selain buah, ada juga sayuran segar di tempat ini.

Sayuran Lokal Kualitas Ekspor
Sayuran Lokal Kualitas Ekspor ©arumsilviani
Sayuran Lokal Kualitas Ekspor
Kondisi kios dalam Pasar Cermat Lembang ©arumsilviani

Juga, selain buah yang dijajakan di kios, anda juga bisa membeli strawberry, blackberry, atau redberry yang dijajakan oleh pedagang keliling. Nggak usah takut mahal, semua bisa ditawar kok. Biasanya mereka menawarkan strawberry dengan harga Rp25.000/kemasan. Tapi biasanya anda bisa tawar sekitar Rp15.000an, atau kalau beruntung Rp25.000 bisa dapat 2 kemasan. Tergantung anda bernegosiasi. Harga sayuran juga demikian, anda bisa menawar dengan harga yang pantas. Penjual juga seneng kok barang dagangannya ditawar oleh anda. Cuma, jangan kejam-kejam ya nawarnya. Malu-maluin nantinya. Masa di supermarket yang mahal saja anda kalem bayar di kasir, ini yang barangnya berkualitas, lokal punya pula, masa mau tega nawarnya?

#save perekonomian lokal ya mas, mbak.

Terus, anda juga bisa beli aneka oleh-oleh Bandung disini. Bisa minta testernya ke penjual. Ada keripik tempe, sale pisang, aneka keripik, dan lain sebagainya. Silakan dipilih sesuai selera anda. Lagi-lagi, jangan takut soal harga. Semua insyaAllah terjangkau.

Selamat berbelanja 🙂

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.