Ada Yang Baru Dari Bendung Gerak Serayu

Bendung Gerak Serayu

Kalian pernah dengar Bendung Gerak Serayu? Sebuah bendungan yang melintang di tengah sungai terbesar di Jawa, Serayu. Bendungan ini berfungsi mengalirkan air untuk dimanfaatkan sebagai irigasi dan mengairi sawah di daerah Banyumas, Cilacap, bahkan hingga ke Kebumen. Dibangun tahun 1993 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto tahun 1996, Bendung Gerak Serayu tak mengalami banyak perubahan.

Lalu, apa yang baru?

Adalah Overpass Kebasen, yang terletak di daerah Bendung Gerak Serayu. Overpass ini memungkinkan kita bisa melihat pemandangan indah di bawah sana.

Bendung Gerak Serayu
Overpass Kebasen

Desa Gambarsari, dimana Bendung Gerak Serayu berlokasi memang boleh dibilang permata tersembunyi di Kabupaten Banyumas. Dianggap sebagai desa tertinggal, namun kini mulai dibuka oleh pemerintah dengan adanya overpass ini. Selain itu, dibuat pula terowongan kereta yang baru, yang dibuat mirip dengan terowongan lama.

Baca juga: Mengenal Desa Tumiyang Kebasen

Bendung Gerak Serayu
Terowongan Baru Gambarsari
Bendung Gerak Serayu
Berpose di Overpass Kebasen

Sebenarnya kalian dilarang menghentikan kendaraan disini. Karena berbahaya dan mengganggu pengguna jalan. Sebaiknya, kalian memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan, lalu barulah membidikkan kamera di tempat ini.

Bendung Gerak Serayu
Berlatar Belakang Jembatan Kereta Api Losari-Kaliwangi
Bendung Gerak Serayu
Jembatan Losari
Bendung Gerak Serayu
Pemandangan di Sekitar Overpass Kebasen

Menikmati Sunset di Bendung Gerak Serayu

Jika kalian penggemar sunset, tentu rekomendasi saya ini tak salah untuk kalian. Sambil menunggu matahari terbenam di sebelah barat, kalian bisa menikmati indahnya sungai serayu, jembatan Kereta Losari, dan persawahan yang tertimpa sinar mentari. Tak lupa tentunya, sambil ditemani mendoan khas Purwokerto dan secangkir kopi dari Gambarsari.

Bendung Gerak Serayu
Menanti Sunset di Bendung Gerak Serayu
Bendung Gerak Serayu
Alfian

Bulan lalu, saya mengeksplore tempat ini bersama keponakan saya yang tinggal di Desa Tumiyang. Saya sendiri agak surprise dengan kemajuan daerah ini. Dan baru kali ini, saya sadar bahwa kampung halaman saya tuh bagus jika dipandang mata, apalagi jika diabadikan dari balik lensa.

Biaya Masuk Bendung Gerak Serayu

Anda tidak dikenakan biaya masuk jika mengunjungi Bendungan ini. Jika kalian membawa motor, kalian bisa mencoba sensasi menyebrangi bendungan ke sisi Desa Tambaknegara. Tapi hati-hati buat kalian yang takut dengan ketinggian. Malah berbahaya nantinya.

Bendung Gerak Serayu
Bendung Gerak Serayu
Bendung Gerak Serayu
Irigasi Bendung Gerak Serayu
Terowongan Kebasen
Terowongan Kebasen

Jangan langsung pulang jika kalian sudah selesai mengeksplore Overpass Kebasen dan Bendung Gerak Serayu. Cobalah melanjutkan perjalanan ke daerah Pesemutan, atau Kalisalak untuk berburu kuliner enak. Terutama Sate.

Bendung Gerak Serayu
Pesemutan Kebasen

Nah Segitu dulu ya liputan jalan-jalan di sekitaran Kebasen. Nanti saya lanjut lagi cerita dan rekomendasi kuliner di daerah tersebut. Pokoknya saya punya misi mengenalkan Kebasen kepada kalian semua.

Post Terkait:

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.