ICE BSD

Mau ke ICE BSD Pakai Transportasi Publik? Begini Caranya

Buat kalian yang mau ke pameran buku Big Bad Wolf, GIAAS, Nonton konser, datang ke wisudaan teman, atau acara lain di ICE BSD, pasti kalian suka bingung gimana caranya ya kan? Mengingat ICE BSD ini terletak cukup jauh dari Jakarta, lokasinya juga khusus, sehingga besar kemungkinan kalian akan boncos dan tidak nyaman saat kesini. Oleh karenanya, di tulisan kali ini saya bakal kasih tahu ke kalian bagaimana cara ke ICE BSD naik transportasi publik.

Ke ICE BSD itu butuh perjuangan

Perjuangan waktu, tenaga, dan uang.

Buat kalian yang bawa kendaraan pribadi, boncosnya juga lumayan banyak. Bensin, tol, parkir, dan perasaan, juga kesabaran.

Siap-siaplah diuji kesabarannya jika kalian hendak masuk atau keluar tempat parkir. Apalagi kalau sedang ada acara GIAAS, Big Bad Wolf, Konser Boyband Korea, wahh…luar biasa sulit masuk, sulit keluar pokoknya.

Buat kaum mendang-mending, ke ICE BSD ya sebisa mungkin naik transportasi publik. Paling tidak, kalian hanya korban waktu dan tenaga. Uang nggak seberapa. Bisa dipakai untuk yang lain.

Cara ke ICE BSD Naik Transportasi Publik dari Jakarta

BSD bisa ditempuh menggunakan beberapa moda transportasi. Kalau dari Jakarta dan naik KRL, kalian bisa naik dari Tanah Abang tujuan Stasiun Rawabuntu, atau Stasiun Cisauk.

Kalau mau cari jalur, kalian ikuti LINE HIJAU Commuterline.

Atau kalian bisa lihat postingan saya yang ini.

Baca juga: Bandung ke Serpong naik Kereta Api

Stasiun KRL terdekat dari ICE BSD

Jika bicara stasiun KRL terdekat dari ICE BSD, tentu saja sebagai warga BSD saya akan jawab Stasiun Rawabuntu. Tapi dari Stasiun Rawabuntu ke ICE BSD tidak ada transportasi publik.

Jarak dari Stasiun Rawabuntu ke ICE BSD kurang lebih 6,6 kilometer, dengan ongkos gojek sekitar Rp24.000, dan Grab bike 21.000.

Sedangkan kalau naik Gocar sekitar Rp39.500 dan Grab Car Rp32.000.

Itu saat tidak padat ya. Kalau sedang ada acara di ICE BSD, biasanya tarif taksi dan ojek online ini akan melonjak tajam. Apalagi kalau pas ada acara, terus hujan. Tarif bisa mencapai Rp125 ribu rupiah sekali jalan.

Iya, nggak masuk akal kan, itupun jika masih ada yang mau ambil. Biasanya pada saat ramai seperti ada konser atau acara di ICE, driver pun malas mengambil order. Karena mereka enggan terjebak macet parah.

Jadi rekomendasi saya, jika kalian hendak ke ICE BSD menggunakan transportasi publik, mode ngirit dan duit pas-pasan, lebih baik turun di Stasiun KRL Cisauk.

Cara ke ICE BSD naik transportasi publik
Stasiun Cisauk

Dari Cisauk ke ICE BSD Naik Apa?

Dari Stasiun Cisauk, kalian bisa jalan ke Intermoda. Ikuti saja arah petunjuk di stasiun ini.

Dari Intermoda, kalian bisa naik Bus BSD Link warna kuning, yang biasanya sih lewat 10 menit sekali (Kalau rute lain, BSD link ini jadwalnya ada sih, tapi seringnya nggak lewat). Sedangkan rute Intermoda – ICE BSD termasuk rute ramai, jadi selalu ada insyaAllah.

Bus BSD Link dari Intermoda, tujuan ICE BSD. Gratis. Tidak dipungut bayaran. Pun demikian sebaliknya, kalian bisa naik bus ini ke arah Intermoda, lalu lanjut jalan kaki ke Stasiun Cisauk.

Kalau Bus dari Jakarta ke ICE BSD, Naik Apa?

Kalau Bus biasanya ada Agra dari Bekasi tujuan Terminal Poris Tangerang. Mulai dari jam 4.30 – 20.30 WIB. Kalian bisa turun di Jl. Pelayangan, lalu naik Ojol ke The-Breeze.

Dari The-Breeze kalian bisa naik BSD Link warna kuning tujuan ICE BSD. Jadwalnya bisa dilihat di foto ini:

Cara ke ICE BSD naik transportasi publik
Jadwal Bus Link BSD Dari The Breeze

Buat kalian yang nggak tau the Breeze, ini tuh semacam mall outdor gitu di BSD. Pusat Shuttle BSD Link. Dari The Breeze, seluruh tujuan ada.

Nah kurang lebih segitu dulu review dan rekomendasi dari saya tentang cara ke ICE BSD naik transportasi publik. Semoga membantu kawan-kawan.

Baca juga: Shuttle Travel dari Bandung ke BSD

UPDATE JADWAL BUS BSD LINK 2024:

Rute Sektor 1.3 ke Greenwich Office Park dan arah sebaliknya.

Notes: Menurut informasi dari drivernya, sementara ini hanya ada 1 bus yang melayani rute Sektor 1.3 ke Greenwich office park.

Keberangkatan bus BSD Link dari Sektor 1.3 ke Greenwich Office Park hanya di jam 7.05, 9.15, 11.20, 13.25, 15.30, dan 17.25.

Sedangkan arah sebaliknya, Greenwich Office Park ke Sektor 1.3 ada di jam 06.00, 8.10, 10.15, 12.20, 14.25, 16.10 (hanya sampai ke Giant BSD). Lalu selanjutnya jam 16.50 (sampai Sektor 1.3).

Jadwalnya suka berubah-ubah untuk yang sore. Jadi kalau kalian commuter yang tiap hari naik Bus BSD Link, silakan tanya update jadwal ke drivernya.


Semoga bermanfaat dan selamat menikmati bus kawasan. Nanti insyaAllah saya update jadwal dari Terminal Intermoda.

Arum Silviani, Travel Blogger, Lecturer, and Founder of Antasena Projects

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.