Review 6 Travel dari Bandung ke BSD

Review 6 Shuttle Travel dari Bandung ke BSD, Paling Enak Naik Apa?

Review Travel dari Bandung ke BSD dong kakReview juga arah sebaliknya“. Nah pertanyaan tersebut sering banget mendarat di DM WA atau IG saya. Karena banyaknya pesan yang masuk, tanya tentang transportasi Bandung ke Tangerang Selatan khususnya BSD, Serpong, Cisauk, dan sekitarnya, maka akan saya jawab di postingan ini.

Disclaimer:

Semua rute yang saya review, sudah pernah saya coba, lebih dari 10 kali untuk setiap shuttlenya. Jadi saya akan kasih kalian review apa adanya, sesuai dengan pengalaman saya. Nah buat kamu yang ke BSD tapi tujuannya khusus ke ICE BSD dan pengen naik transportasi publik yang gratisan, kamu bisa baca postingan ini:

Cara ke ICE BSD Naik Transportasi Publik

Shuttle Travel dari Bandung ke BSD

Buat kalian yang masih asing dengan istilah BSD, saya jelasin dikit ya. BSD adalah singkatan dari Bumi Serpong Damai, yang masuk ke wilayah Kota Tangerang Selatan. Nah sisanya Googling aja deh.

Ada beberapa moda transportasi dari Bandung ke BSD. Bisa naik shuttle travel, atau naik kereta api. Kali ini saya akan fokus menjelaskan kalau kalian naik Shuttle Travel dari Bandung ke BSD. Karena cara naik kereta api dari Bandung ke Serpong sudah pernah saya posting sebelumnya.

Kok Bus nggak ada kak?”

Sementara ini belum ada Bus yang melayani rute Bandung ke BSD. Adanya dari Terminal Leuwipanjang ke Tangerang. Dimana jarak antara Kota Tangerang dengan BSD itu jauh, teman-teman. Jarang ada transportasi publik juga, jadinya malah boncos kalau kalian naik bus.

Shuttle Travel yang melayani Rute Bandung ke BSD

  1. Cititrans (Outlet: Dipatiukur, Pasteur)
  2. Jackal Holidays (Buah Batu: Dipatiukur, Pasteur)
  3. Aragon (Outlet: Dipatiukur, Pasteur)
  4. Krakaline (Outlet: Buah Batu, SPBU Pertamina Pasteur)
  5. Daytrans (Outlet: Cihampelas, Pasteur)
  6. Baraya (Outlet: Buah Batu, M. Toha, Pasteur2, Surapati2)

Sebenarnya masih ada Xtrans dan Lintas Travel, tapi nggak saya tuliskan disini karena biasanya travel tersebut susah untuk dihubungi. Onlinenya juga agak susah, jadi kita skip saja ya.

Review Shuttle Travel dari Bandung ke BSD:

Cititrans: ini travel langganan saya sejak dulu, karena saya bekerja nomad dari Bandung ke SCBD. Travelnya luxury, nyaman banget, pelayanannya juga jempolan deh. Supir oke. Tertib, bersih, dan ramah.

Travel Bandung ke BSD
Armada Cititrans

Mobilnya wangi, nggak bau apek atau bau khas Bus (bisa bayangin kan, ya?). Kursinya juga besar, empuk, dan jaraknya lebar. Bisa reclining seat juga tanpa mengganggu penumpang yang duduk di belakang kalian. Di setiap seat terdapat colokan, jadi kalian nggak usah takut baterai hp atau laptop lowbat. Mobilnya Hiace, dengan suspensi yang empuk dan hanya diisi 6-7 penumpang saja. Dari kapasitas normal 16 orang.

Shuttle Travel Bandung ke BSD
interior cititrans

Ada harga, ada rupa dong ya. Tarif dari Bandung ke BSD berkisar antara Rp.160.000-165.000. Kalian bisa beli di Traveloka, atau di websitenya.

Cititrans cocok buat kalian yang mau perjalanan bisnis sih. The best pokoknya. Tapi karena poolnya agak jauh dari rumah saya di BSD, sekarang saya jarang naik Cititrans.

Poolnya di Golden Boulevard, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Karya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Serpong utara ya gais ya, yang sudah mau ke arah Alam Sutera. Jadi saya nggak rekomen buat kalian yang mau ke daerah Rawabuntu, Cisauk, Atau BSD di sektor 12, 12,5, 13. Jauh gais.

Jackal Holidays

Buat mahasiswa Universitas Padjadjaran, letak outlet Jackal Holidays ini hanya sepelemparan batu dari kampus Unpad Dipatiukur. Ya kalau males jalan bisa naik angkot putih kuning lah ya (Dago – Riung Bandung).

Outlet Jackal Holidays terletak di tikungan antara Jl. Dipatiukur dan Jl. Penata Yuda. Atau kalau kalian mau pesan tiket online, bisa pilih outlet Dipatiukur Pusat (DU 1). Jangan yang di Kencana Wungu ya. Beda tujuan itu.

Travel dari Bandung ke BSD
Travel dari Bandung ke BSD

Mobilnya Hiace, tapi seatnya lumayan padat. Nggak senyaman Cititrans.  Harga sekitar Rp.140.000. tiket bisa dibeli di Tiketux atau Traveloka.

Kursinya Reclining seat juga, tapi jaraknya nggak selowong Cititrans. Jadi kalau kalian mau sampai posisi setengah berbaring, maka akan berpotensi mengganggu penumpang di belakang kalian.

Btw, ada colokan juga di setiap seatnya.

Travel Bandung ke BSD
Interior Jackal Holidays

Drivernya ada yang ramah, ada yang biasa aja. Nggak se-standar Cititrans sih keramahannya. Bawa mobilnya juga ada yang enak, ada yang ngebut banget. Atau dengan kata lain, nggak setertib Cititrans kalau nyetir.

Pemberhentian Jackal Holiday BSD ada di ITC BSD. Tepatnya di depan ITC BSD. Tapi kalau kalian mau ke arah Cisauk, Serpong, Rawabuntu, atau BSD sektor 12, lumayan jauh ya gais. Ingat: di BSD kebanyakan kita harus ngeGojek, Grab atau Ojol lain. Jadi pastinya akan mahal.

Baiknya kalau kalian ingin naik Shuttle ini, tapi pengen turun di sekitar Rawabuntu, tanyain dulu drivernya. Keluar tolnya di Rawabuntu atau di BSD City. Kalau keluar tol di Rawabuntu, kalian bisa turun setelah perumahan De Green, atau di seberang Ruko Versailles.

Aragon Shuttle Travel

Sekarang, ini jadi vavorit saya sih. Mobilnya bersih, tepat waktu, drivernya ramah, pelayanannya juga gercep. Bisa pesan tiket lewat Tiketux, Web Aragon, atau lewat CS WA di nomor 0811-2323-600.

Aragon Shuttle Travel
Aragon Shuttle Travel

Harga tiketnya juga terjangkau dan ramah di kantong. Berkisar antara Rp110.000-125.000, tergantung kalian perginya weekday atau weekend. Mobilnya pakai HIACE, Seatnya cukup nyaman, meskipun diisi banyak ya. Satu mobil ada 10 seat, termasuk driver.

Drivernya ramah-ramah. Ada yang suka ngebut, ada yang santai. Tapi rata-rata enak sih bawa mobilnya.

Biasanya saya pilih Aragon kalau saya mau ke Bandung. Karena saya bisa di pick-up di Halte Alfamart Versailles BSD. Sedangkan kalau dari Bandung menuju Serpong, Aragon akan melewati tol Alam Sutera. Jadi kalian bisa turun di KFC Alam Sutera, atau ke WTC Serpong.

Kalau buat saya terlalu jauh itu dari rumah saya di sekitar sektor 12 BSD. Jadi biasanya kalau dari Bandung ke BSD, saya naik Daytrans.

Krakaline

Shuttle travel yang ini juga lumayan nyaman buat mahasiswa.  Harganya cukup ramah di kantong, sekitar Rp120.000-125.000. Mobilnya Elf. Kadang ada yang HIACE juga. Suka nggak standar sih, tergantung nasib. Kenyamanan juga nggak terlalu oke kalau buat saya (Bisa berbeda ya penilaian saya ini dengan kalian).

Armada Krakaline Travel
Armada Krakaline Travel

Oleh karenanya, sekarang saya nggak pernah naik shuttle ini lagi. Poolnya juga sering pindah, jadi bikin bingung. Travel ini mungkin akan cocok untuk kalian yang mau menuju Rawabuntu, atau Puspitek Serpong.

Tiketnya bisa dibeli di traveloka.

Daytrans

Dari dulu Daytrans ini sahabatnya mahasiswa. Saya juga sudah lebih dari 10 tahun deh pakai Daytrans. Rutenya banyak, dan jam keberangkatannya juga banyak. Harga selalu terjangkau. Berkisar antara Rp90.000-Rp120.000. Bisa dibeli disini.

Oleh karenanya, Daytrans selalu banyak peminat. Kalau weekend, musim liburan, atau tanggal merah pasti full.

FYI, Seatnya ada 14 kursi. Dengan Driver, jadi 15 seat. Karena jarak antar seatnya yang cukup sempit, Tentunya bikin kalian nggak nyaman dalam perjalanan. Kalau lagi full, kebayang kan gimana padatnya? Hehehe…

Mobilnya HIACE. Tapi kebanyakan bau bis gitu, AC juga kurang dingin. Baca: Panas kalau banyak penumpangnya.

Armada Daytrans
Armada Daytrans

Saran saya, kalau weekday masih okelah naik Daytrans. Tapi kalau weekend, mendingan cari yang lain deh. Cuma kalau rute Buah Batu-BSD, itu nyaman deh mobilnya. Bersih, juga jarang penuh meskipun weekend. Mungkin karena rute baru ya.

Saya sering naik Daytrans karena letak outletnya terdekat dari rumah saya di Sektor 12 BSD dan Bandung Turangga.

Daytrans BSD nongkrong di Indomaret Versailles 1. Strategis banget, bisa langsung keluar tol. Dekat juga dengan Stasiun Rawabuntu. Buat kalian yang mau ke arah Cisauk atau Serpong, bisa naik KRL dulu dari Stasiun Rawabuntu menuju Stasiun Serpong atau Cisauk.

Kalau dari arah Cisauk atau Serpong menuju Pool Daytrans Versailles, kalian bisa naik KRL dari Stasiun Cisauk/Serpong menuju Stasiun Rawabuntu, lalu sambung naik angkot/naik ojol ke Indomaret Versailles 1.

Baraya

Diantara Shuttle travel yang lain, mungkin Baraya adalah shuttle yang paling tua, yang masih bertahan hingga saat ini. Perlu kalian ketahui, pioneer pool to pool shuttle adalah Xtrans, lalu Baraya.

Sejak dulu hingga saat ini, Baraya paling gercep kalau ditelepon. Pelayanannya ramah juga. Sekarang juga bisa beli tiket online disini. Boleh dikata, Baraya adalah travel termurah di kelasnya.

Harganya sekitar Rp113.000. Tapii…Baraya sering banget promo, sehingga rata-rata, harga tiketnya bisa di angka 70ribu-90 ribu saja. Makanya jadi vavorit mahasiswa.

Hampir sama seperti Daytrans, Baraya juga seatnya sebanyak 14 kursi. Atau 15 seat dengan Driver. Tapi mobilnya bukan HIACE, melainkan Elf yang sudah cukup tua. Bahkan ada armada yang sejak saya masih kuliah, atau awal-awal Baraya buka, hingga saat ini mobilnya masih dipake. Ya kalian bisa nebak kan rasanya gimana? Hehe…

Travel Bandung Surapati ke Taman Jajan BSD
Armada Baraya Travel

Kalau saya sendiri sekarang merasa nggak nyaman naik Baraya. Saking sempit jarak antar kursinya. Tapi bagi adik saya yang masih mahasiswa di Bandung, naik Baraya lumayan banget, bisa ngirit ongkos. Dia asik-asik saja naik shuttle travel ini. Karena letak outletnya dekat dengan tempat tinggalnya di Bandung, dan juga turunnya di Taman Jajan BSD. Dekat dengan sektor 12.

Ya, semua kembali ke target marketnya ya. Baraya memang targetnya mahasiswa. Saya juga mengacungkan jempol pada pengelolanya, yang masih bertahan sejak 2004 hingga saat ini.

Nah itu dia Review Travel dari Bandung ke BSD, buat kalian yang mau ke BSD dari Bandung, atau sebaliknya. Silakan dipilih sesuai dengan kebutuhan, daerah tujuan, dan budget kalian.

Semoga postingan ini bermanfaat ya.

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

10 comments

  • Kak, maaf mau tanya saya baru di bandung 🤭
    Rencananya ada mau ketemu yg ngasih kerjaan di jl. Gading Serpong Boulevard hari rabu depan.
    Supaya jangan boncos, saya pakai travel apa ya kak?

    • Halo Yetty, bisa naik travel Daytrans dari Cihampelas tujuan Indomaret Versailles. Tapi nanti kamu turun di seberang ruko versailles (bilang aja sama supirnya). Terus dari situ jalan dikit ke Indomaret Cilenggang 1 (open gmaps).

      Dari Indomaret Cilenggang 1 naik ojol ke Gading Serpong Boulevard. Saya biasanya naik in-driver sih. Tarif sekitar 26-27 ribu. Kalau indriver mobil sekitar 43-48 ribu tergantung jamnya. Jam sibuk biasanya lebih mahal.

      Karena nggak ada angkutan umum ke daerah Gading Serpong, paling cuma ada ojol. Ada sih bus PPD, tapi hanya lewat jam 7.20 pagi aja.

      Semoga membantu.

  • halo kak, travel yang dekat dengan villa melati mas apa dan paling cepat berangkat jam brp ya kak?? karna sy urusan di pagi hari di cimahi.. tks

    • Halo Mas Roy, Kalau dari Melati Mas paling dekat Shuttle City Trans, ada di Ruko Golden Boulevard. Keberangkatan biasanya mulai dari jam 5 pagi.

      Bisa juga naik Jackal Holidays, di ITC BSD (poolnya depan ITC, ada peti kemas disitu). Keberangkatan juga mulai jam 5 pagi.

      Perjalanan ke Bandung dari BSD biasanya sekitar 2 jam 30 menit kalau pagi.

  • Hi, salam kenal yah…

    Saya mau nanya, kalau dari Bandung mau ke ICE BSD, baiknya pakai travel apa yah yg bisa turun di lokasi terdekat dengan ICE BSD nya? Saya ga tau daerah serpong sama sekali, mohon bantuannya yah, Trims

    • Halo Salam Kenal juga June, Bisa naik daytrans, tujuan Indomaret Versailles. Minta turun di seberang versailles aja sama supirnya. Nanti dari situ kamu bisa naik ojol ke ICE. Jarak kurang lebih 6 km.
      Kalau mau naik transportasi umum gratisan ke ICE, kamu bisa cek postingan saya tentang Cara ke ICE BSD naik transportasi publik.

      • Hi, trims yah uda balas pertanyaan aku. Aku mau nanya lagi, (aku juga sudah baca postingan mengenai transportasi umum ke ICE BSD, khan bisa via Intermoda, naik Bus BSD Link warna kuning. Itu kalau dari Bdg, tetap naiknya Day trans yah, turun di Versailles juga? Trims yah

        • Iya betul, naik daytrans dari Bandung Cihampelas tujuan indomaret versailles. Dari situ nanti naik angkot aja ke Stasiun Rawabuntu, turun di stasiun Cisauk, tarif Rp3500. Siapin aja uang elektronik/e-money, brizzi, atau bisa juga pakai Gopay, Dana dll.

  • Hallo, kak. Kebetulan lagi cari Info tentang travel ke BSD. Kalo sy nginep di area deket Aeon mall bsd, jd better pake shuttle yg mana yah? Trs kalo misal untuk weekend, pergi jum’at, pulang sabtu, apakah better booking jauh2 hari2 atau bisa ots aja? Terima kasih sebelumnya🙏

    • Halo Susan, kalau dekat dengan Aeon Mall, dari Bandung bisa naik Daytrans tujuan Indomaret Versailles. Turun di seberang ruko versailles (depan perumahan De Green). Kalau mau naik ojol, dari situ ke Aeon paling 10-15 menitan.

      Untuk weekend tergantung dari daerah Bandung mana kamu berangkatnya. Kalau misal dari Buah batu bisa on the spot karena jarang banget penuh. Tapi kalau mau dari daerah Cihampelas atau Pasteur, nyamannya booking dari hari Senin/Selasanya. Supaya masih dapat pilihan kursi yang enak. Booking online bisa lewat Tiketux.

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.