BSD ke Bandara Naik Kereta

BSD ke Bandara Soekarno Hatta Naik Kereta, butuh waktu berapa lama?

Hai, kalian apa kabar? Semoga dalam keadaan baik semuanya ya. Kali ini saya mau cerita tentang perjalanan saya dari BSD ke Bandara dengan menggunakan moda transportasi Kereta.

Post terkait tentang Review Kereta Api:

Beberapa opsi transportasi publik dari BSD ke Bandara Soekarno Hatta

Sebenarnya ada beberapa opsi jika kalian yang tinggal di BSD mau ke Bandara Soekarno Hatta. Cara pertama adalah menggunakan Damri dengan tarif Rp90.000 dari Intermark BSD. Waktu tempuh sekitar 45 menit. Namun minusnya, kalian tidak tahu jadwal pasti Damri jam berapa. Saya sudah ngubek-ubek cari informasi di Instagram, website, tetap nggak menemukan jadwal yang benar.

So, karena ke Bandara adalah hal yang krusial, saya nggak mau di PHP. Jadi saya skip moda transportasi yang satu ini.

Selanjutnya, cara kedua adalah dengan menggunakan shuttle travel Lorena dari Intermoda, yang juga jadwalnya nggak jelas. Tidak terpampang dimanapun. Saat saya datang ke Intermoda bahkan petugas di terminal tidak ada yang mengetahui keberadaan Lorena ini dimana.

Youtuber yang mengulas shuttle ini pun tidak memberikan informasi dimana tepatnya titik keberangkatan Shuttle ini.

Namun dari DM saya ke pihak pengelola pasar Intermoda, saya diberikan ini:

BSD ke Bandara Naik Kereta
Jadwal Lorena Intermoda – Bandara Soekarno Hatta

Tapi nggak bisa saya baca, karena ngeblur. Dan saya juga malas mengontak nomor yang tertera disitu. Tarif katanya sih Rp100.000. Silakan dikontak saja kalau kalian mau naik Shuttle Lorena.

Ya sudah, akhirnya saya pilih kereta api.

BSD ke Bandara naik Kereta

Perjalanan saya mulai dari Stasiun Rawa Buntu, menuju Stasiun Tanah Abang. Buat kalian yang rumahnya di daerah Cisauk, Serpong, atau kalian yang berada di area Commuter line Green line, kalian bisa melihat jadwal kereta disini:

Jadwal Kereta Commuterline

Dari Stasiun Rawa Buntu ke Stasiun Tanah Abang membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Selanjutnya, kalian bisa pindah ke jalur 1. Kereta menuju Stasiun Duri. Jangan salah naik kereta menuju Stasiun Bekasi/Cikarang ya.

Stasiun duri hanya 1 stasiun dari Stasiun Tanah Abang.

Dari Stasiun Duri, kemana?

Jika kalian turun di Stasiun Duri, kalian bisa naik ke lantai 2, lalu belok kiri (estimasi jalan kaki 2 menit). Dari sini kalian bisa beli tiket Kereta Api Bandara, atau kalian juga bisa beli di aplikasi KAI Access.

Kalau saya, memilih beli di KAI Access karena mudah, dan tidak perlu antri.

Harga tiket berkisar Rp30.000-50.000. Tergantung jam keberangkatan. Kebetulan saya dapat jam keberangkatan yang harga tiketnya hanya Rp30.000 saja.

Selanjutnya, kalian bisa scan tiket di gate masuk. Kalau kalian beli tiket di aplikasi, silakan scan barcodenya di gate ini. Lalu tunggulah di ruang tunggu yang disediakan.

BSD ke Bandara naik Kereta
Ruang Tunggu Kereta Basoetta di Stasiun Duri

Ketika kereta sudah datang, biasanya nanti petugas akan mengarahkan kalian untuk naik kereta. Kalian turun ke lantai 1, lalu selanjutnya ikuti arahan petugas.

Kereta Bandara Soekarno Hatta

Seperti kereta Commuter Line, di kereta Bandara (Basoetta) ini kalian bisa bebas memilih tempat duduk yang kalian sukai. Yang penting masih kosong dan tidak diduduki orang.

BSD ke Bandara naik Kereta
Space yang lega di kabin Kereta Basoetta

Perjalanan dari Stasiun Duri ke Stasiun Bandara adalah 30 menit. Oh iya, space antarkursi di Kereta Basoetta juga sangat luas. Koper saya berukuran 20 inch (koper kabin), bisa masuk ke depan kursi saya, dan masih ada space yang luas untuk kaki saya. FYI tinggi saya 162cm.

Jika kalian sudah tiba di Stasiun Bandara Soekarno Hatta, kalian bisa melanjutkan dengan Kalayang. Atau kereta yang menghubungkan antarterminal di Bandara Soetta.

Berikut ini adalah jadwal Kalayang.

Kereta Kalayang ini gratis ya teman-teman. Karena merupakan fasilitas dari bandara Soetta untuk siapapun yang hendak menuju Bandara. Jadi misalkan kalian tidak punya tiket, atau hendak menjemput teman, saudara/kerabat, kalian tetap bisa menaiki kereta ini dengan gratis.

Jangan lupa perhatikan gatenya. Kereta yang menuju terminal tujuan kalian berada di gate mana. Semua terpampang jelas kok di monitor.

Waktu untuk jalan kaki dari Stasiun KA Basoetta ke Kalayang sekitar 5 menit, dan dari Kalayang ke terminal sekitar 5-10 menit. Tergantung kalian mau ke terminal berapa. Dari Stasiun Kalayang ke Terminal Keberangkatan butuh waktu jalan kaki sekitar 5 menit.

Jadi silakan diperkirakan sendiri waktu yang harus kalian spare dari rumah menuju bandara.

Lesson Learned BSD ke Bandara Naik Kereta

Waktu yang dibutuhkan dari BSD ke Bandara dengan menggunakan kereta memang relatif lama, yaitu sekitar 1,5 jam. Namun demikian, kalian bisa mendapatkan kepastian waktu berangkat dan waktu sampai. Harga juga lebih murah.

Buat orang seperti saya yang sangat disiplin waktu, saya lebih memilih kereta. Tapi kalau misalkan kalian ingin mencoba moda transportasi lain seperti yang saya sebutkan di atas, silakan. Waktu tempuhnya jauh lebih pendek. Hanya sekitar 45 menit saja dari tol BSD ke Bandara Soekarno Hatta.

Minusnya naik kereta adalah, kalau kalian pergi bertepatan dengan waktu sibuk orang berangkat kerja, ya siap-siap keretanya penuh.

Selamat mencoba, dan happy Traveling!

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.